Peningkatan Manajemen Pemasaran Digital dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Sukamaju Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.314Keywords:
ekonomi kreatif, digital marketing riau universityAbstract
Munculnya ekonomi kreatif dalam ekonomi dunia, sebenarnya diawali dari adanya pergeseran orientasi dunia barat yakni dari era pertanian ke era industrialisasi yang kemudian disusul era informasi yang disertai dengan banyaknya penemuan baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi (infokom) serta globalisasi ekonomi. Pemasaran digital (Digital Marketing) adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Kuliah Kerja nyata merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan Kukerta ini dilaksanakan di Kecamatan Sail, Kelurahan Sukamaju, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kukerta ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para usahawan tentang digital marketing. Langkah langkah kegiatan yang dilakukan adalah (1) Melakukan silaturahmi dan memperkenalkan kepada warga yang memiliki UMKM tentang program kerja “Digital Marketing”, (2) Melakukan kegiatan pelatihan tentang pemasaran digital kepada warga yang memiliki UMKM, (3) Menyediakan akun pemasaran digital dan juga packaging untuk produk UMKM, (4) Menyebarluaskan informasi produk dan meghasilkan pendapatan yang meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksana beberapa program seperti pembuatan akun media sosial dan pengemasan (Packaging).