Peningkatan Manajemen Pemasaran Digital dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Sukamaju Kota Pekanbaru

Authors

  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau, Indonesia
  • Putri Yosepin Hutagalung Universitas Riau, Indonesia
  • Gustimal Witri Universitas Riau, Indonesia
  • Agus Sulastio Universitas Riau, Indonesia
  • Rahmi Amalia Universitas Riau, Indonesia
  • Wahyu Clarita Butar-butar Universitas Riau, Indonesia
  • Wodhifel DK Universitas Riau, Indonesia
  • Dwi Handayani Universitas Riau, Indonesia
  • Govinda Hendra Manalu Universitas Riau, Indonesia
  • Anggun Kusuma Dewi Universitas Riau, Indonesia
  • Umi Latifah Universitas Riau, Indonesia
  • Semangat Riski Hasibuan Universitas Riau, Indonesia
  • Putri Yosepin Hutagalung Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.314

Keywords:

ekonomi kreatif, digital marketing riau university

Abstract

Munculnya  ekonomi  kreatif  dalam  ekonomi  dunia,  sebenarnya  diawali  dari  adanya pergeseran orientasi dunia barat yakni dari era pertanian ke era industrialisasi yang kemudian disusul  era  informasi  yang  disertai  dengan  banyaknya  penemuan  baru  di  bidang  teknologi informasi  dan  komunikasi  (infokom)  serta  globalisasi  ekonomi.  Pemasaran digital (Digital Marketing) adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Kuliah Kerja nyata merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan Kukerta ini dilaksanakan di Kecamatan Sail, Kelurahan Sukamaju, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kukerta ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para usahawan tentang digital marketing. Langkah langkah kegiatan yang dilakukan adalah (1) Melakukan silaturahmi dan memperkenalkan kepada warga yang memiliki UMKM tentang program kerja “Digital Marketing”, (2) Melakukan kegiatan pelatihan tentang pemasaran digital kepada warga yang memiliki UMKM, (3) Menyediakan akun pemasaran digital dan juga packaging untuk produk UMKM, (4) Menyebarluaskan informasi produk dan meghasilkan pendapatan yang meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksana beberapa program seperti pembuatan akun media sosial dan pengemasan (Packaging).

Downloads

Published

2022-09-13