Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Mewujudkan Lulusan yang Unggul
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i12.3100Keywords:
Implementasi kebijakan, MBKM, STIKes Indramayu, kendala, solusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mengidentifikasi hambatan yang dihadapi, serta mengkaji solusi yang dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Indramayu. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn digunakan sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBKM belum berjalan optimal, dengan kendala utama berupa keterbatasan anggaran, infrastruktur, sumber daya manusia, serta rendahnya motivasi mahasiswa. Upaya perbaikan dilakukan melalui peningkatan alokasi anggaran, sosialisasi program, dan penyediaan fasilitas pendukung. Penelitian ini merekomendasikan penguatan koordinasi dan dukungan kelembagaan untuk efektivitas pelaksanaan kebijakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ariska Gania Rahma, Endang Sutrisno, Nursahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.