Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Mewujudkan Lulusan yang Unggul

Authors

  • Ariska Gania Rahma Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Endang Sutrisno Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Nursahidin Nursahidin Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i12.3100

Keywords:

Implementasi kebijakan, MBKM, STIKes Indramayu, kendala, solusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mengidentifikasi hambatan yang dihadapi, serta mengkaji solusi yang dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Indramayu. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn digunakan sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBKM belum berjalan optimal, dengan kendala utama berupa keterbatasan anggaran, infrastruktur, sumber daya manusia, serta rendahnya motivasi mahasiswa. Upaya perbaikan dilakukan melalui peningkatan alokasi anggaran, sosialisasi program, dan penyediaan fasilitas pendukung. Penelitian ini merekomendasikan penguatan koordinasi dan dukungan kelembagaan untuk efektivitas pelaksanaan kebijakan.

Downloads

Published

2025-06-19