Pemanfaatan Sandpaper Letter Hijaiyah’ Sebagai Media untuk Menghafal Huruf Hijaiyah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Amanah, Kota Surabaya

Authors

  • Husni Abdillah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Kartika Metafisika Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i6.31

Keywords:

huruf hijaiyah, metode montessori, sandpaper letter, metode tilawati.

Abstract

Kendala dalam menghafal huruf hijaiyah pada kelas tilawati Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat menghambat proses pembelajaran Al-Qur’an hingga ke tahap berikutnya. Sandpaper letter merupakan media pembelajaran yang digunakan pada metode Montessori untuk pengenalan alfabet yang dapat digunakan sebagai media tambahan untuk pembelajaran Tilawati PAUD. Tujuan dari pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memudahkan Anak Usia Dini (AUD) menghafal huruf Hijaiyah. Berdasarkan hasil dampingan kepada pengajar dan 5 Anak Didik tilawati PAUD TPQ Amanah, kec. Gunung Anyar, kota Surabaya, didapatkan adanya kenaikan rata-rata huruf hijaiyah yang dapat dihafalkan anak selama 1 bulan. Hasil pengabdian kepada Masyarakat ini dapat menjadi referensi bagi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an lain yang ingin memudahkan AUD dalam menghafal huruf hijaiyah.

 

Downloads

Published

2021-10-28