Pemberdayaan Menulis Huruf Arab Pada Guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Se-Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung (Aplikasi Metode Menulis Arab Pendekatan Anatomis)
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v5i1.3099Keywords:
Pemberdayaan, Menulis Huruf Arab, Metode MAPAN, Pendidikan AgamaAbstract
Pendidikan agama di Indonesia memainkan peran strategis dalam membentuk karakter generasi muda, terutama melalui pembelajaran bahasa Arab sebagai bagian dari kurikulum di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dituntut memiliki kompetensi pedagogis yang memadai, termasuk keterampilan menulis huruf Arab secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pengajaran penulisan huruf Arab melalui penerapan metode MAPAN (Menulis Arab dengan Panduan Analitik) bagi guru DTA di Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif berbasis pengabdian kepada masyarakat dengan langkah-langkah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi hasil belajar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis huruf Arab di kalangan peserta, baik dari segi bentuk, keterbacaan, maupun konsistensi penulisan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode MAPAN dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf Arab di tingkat dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan program pelatihan serupa secara berkelanjutan di wilayah lain serta integrasi metode MAPAN dalam kurikulum pelatihan guru DTA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rohanda Rohanda, Yadi Mardiansyah, Deden Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.