Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna

Authors

  • Moestofa Albakry Universitas Terbuka
  • Tun Huseno Universitas Terbuka
  • Darmanto Darmanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i12.3090

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, Natuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara, pengumpulan data sekunder dilakukan melalui penelusuran dokumen. Informan wawancara berjumlah 11 (sebelas) orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi Realibility (keandalan) dan Tangible (bukti fisik) masih kurang dan perlu mendapat perhatian, selanjutnya pada dimensi Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati) cukup baik dan memuaskan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelayanan perpustakaan daerah di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Natuna yang diukur dengan 5 (lima) dimensi Serqual secara umum sudah baik. Untuk meningkatan kualitas layanan pada Perpustakaan Daerah pemenuhan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, pemuktahiran koleksi baik melalui APBD maupun pelibatan Pihak Ketiga atau Corporate Social Responsibility (CSR) setiap tahunnya serta peningkatan sarana dan prasarana pendukung perlu dilakukan dan disamping itu optimalisasi pemanfaatan epusda dan penambahan waktu layanan serta kegiatan-kegiatan seminar, Focus Group Discussion (FGD), Lokakarya perlu dilaksanakan untuk memancing minat masyarakat tertarik datang ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Natuna.

Downloads

Published

2025-04-24