Pengaruh Citra Merek, Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Menyewa Sound System di PT Don Sistem Suara Indonesia di Jakarta

Authors

  • Agi Anggadarma Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Yunus Handoko Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i12.3067

Keywords:

pendidikan, bilangan cacah besar, pembelajaran kooperatif, TGT, Matematika, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan menyewa sound system di PT Don Sistem Suara Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 82 responden yang merupakan pelanggan PT Don Sistem Suara Indonesia. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen—citra merek, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan—memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penyewaan. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh citra perusahaan dan citra merek. Selain itu, temuan juga mengungkapkan bahwa brand awareness perusahaan masih relatif rendah, yang mengindikasikan perlunya strategi pemasaran yang lebih kuat agar merek semakin dikenal di pasar. Keputusan pelanggan dalam menyewa sound system sangat dipengaruhi oleh kepuasan mereka terhadap layanan yang diterima, citra positif perusahaan, serta persepsi terhadap merek. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan untuk meningkatkan brand awareness serta terus berinovasi dalam layanan untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan daya saing dan meningkatkan posisi di pasar industri penyewaan sound system.

Downloads

Published

2025-04-29