Hubungan Job Crafting dengan Motivasi Kerja Karyawan Food & Beverages di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i12.3001Keywords:
job crafting, employee, work motivationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh job crafting terhadap Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh job crafting terhadap motivasi kerja karyawan di industri makanan dan minuman (F&B) di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Dalam industri F&B yang sangat dinamis dan berorientasi pada pelayanan, job crafting memungkinkan karyawan untuk menyesuaikan tugas mereka dengan kemampuan dan minat pribadi, yang dapat meningkatkan motivasi dan kinerja mereka. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan karyawan F&B yang menerapkan job crafting dengan rentang usia 18-35 tahun yang berjumlah 150 karyawan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus lameshow dengan Teknik pengolahan data menggunkan. Uji non parametric korelasi spearman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada manajer dan praktisi HR di sektor F&B tentang bagaimana job crafting dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi kerja, mengurangi tingkat turnover, dan meningkatkan kualitas layanan. Selain itu, temuan ini juga memberikan kontribusi bagi literatur terkait job crafting dan motivasi kerja, khususnya dalam konteks industri yang sangat bergantung pada kepuasan pelanggan dan keterlibatan karyawan. Penelitian ini juga menawarkan solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing perusahaan di sektor F&B.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alina Puteriyani Syukur, Agus Salim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.