Peran Customer Trust Dalam Memediasi Pengaruh E-Service Quality, Customer Experience Dan Information Quality Terhadap Customer Satisfaction: Studi Kasus Pada Aplikasi Pln Mobile Di Kawasan Up3 Depok
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i11.2992Keywords:
kualitas layanan elektronik, pengalaman pelanggan, kualitas informasi, kepercayaan pelanggan, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, customer experience, dan information quality terhadap kepuasan pelanggan aplikasi PLN Mobile, serta peran customer trust sebagai mediator. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, sampel penelitian diambil dari 400 responden pelanggan PLN UID Jawa Barat yang menggunakan aplikasi PLN Mobile, dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur variabel-variabel terkait menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS), yang diterapkan melalui aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality, customer experience, dan information quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, customer trust berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara faktor-faktor tersebut dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PLN perlu meningkatkan kualitas layanan aplikasi, memperbaiki pengalaman pengguna, dan menyediakan informasi yang akurat. Kepercayaan pelanggan juga menjadi faktor penting dalam memperkuat hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Paroloan Siahaan, Andreas Jodhinata, Elia Ardyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.