Peningkatan Mutu Rapor Pendidikan Melalui Lokakarya PBD Dengan Pola IRB Pada Tingkat Sekolah Dasar di Manggarai Timur

Authors

  • Marianus Tapung Univeritas Katolik Indonesia St. Ruteng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i10.2818

Keywords:

Rapor Pendidikan, Model IRB, Lokakarya PDB

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan mutu rapor pendidikan di SD  Manggarai Timur melalui Model IRB (Identifikasi, Refleksi, Benahi). Kegiatan ini didasari permasalahan mitra terkait dengan rendahnya mutu rapor pendidikan pada satuan pendidikanya masing-masing. Untuk memberi solusi terhadap permasalahan ini, dibuatlah  kegiatan lokarkarya Perencanaan Berbasis Data(PDB) dengan mengunakan model Identifikasi, Refleksi, Benahi (IRB), di mana para kepala sekolah, guru dan operator dapat mengidentifikasi masalah, merefleksikan praktik yang ada, dan merancang tindakan perbaikan yang efektif. Pada tahap Identifikasi, data terkait kondisi pendidikan dikumpulkan melalui primer rapor pendidikan dan skunder hasil rapor pendidikan siswa . Tahap Refleksi melibatkan analisis data untuk memahami kekuatan dan kelemahan praktik pendidikan. Tahap Benahi fokus pada perencanaan tindakan perbaikan berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi. Hasil dari lokakarya ini menunjukan adanya tingkat pemahaman para pendidik mengenai pentingnya data dalam perencanaan pendidikan, mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, dan merancang tindakan yang spesifik. Kegiatan ini juga telah mengafirmasi mengenai pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pihak dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dengan dukungan dari pihak sekolah, pemerintah daerah, dan komunitas, perbaikan pendidikan dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien, dan diharapkan peningkatan mutu pendidikan dapat terjadi secara berkelanjutan dan merata.

Downloads

Published

2025-02-27