Peran Madrasah dalam Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual Untuk Memcetak Generasi Emas

Authors

  • Sri Sundari Madrasah Aliyah Miftahul Huda Tegalsiwalan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i8.2785

Keywords:

Madrasah, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Generasi Emas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran madrasah dalam membangun kecerdasan   emosional dan spiritual untuk mencetak generasi emas dan untuk mengetahui apa saja program-program efektif madrasah dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Penelitian  yang  disusun  oleh  penulis  ialah  deskriptif,  dalam  pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu; a) Wawancara mendalam (indepth interview), b) Pengamatan, c) dokumentasi. Adapun sumber data langsung peneliti dapatkan dari hasil wawancara  dengan  kepala  sekolah dan pengamatan. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dalam rangka demi membandingkan data dari hasil analisa (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa madrasah sangat penting peranannya dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Guru dan madrasah bisa melakukan banyak hal dan berinovasi dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik untuk mencetak generasi emas. Madrasah dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kurikulum (skenario pembelajaran), membuat program-program yang efektif, mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan pembiasaan dan kegiatan ektrakurikuler sehingga dapat memotivasi peserta didik agar menjadi pribadi yang berimtaq, cerdas, tangguh, tanggap, inovatif, berpikir holistik, dan memiliki kecakapan social.

Downloads

Published

2024-12-31