Peran Madrasah dalam Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual Untuk Memcetak Generasi Emas
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i8.2785Keywords:
Madrasah, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Generasi EmasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran madrasah dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual untuk mencetak generasi emas dan untuk mengetahui apa saja program-program efektif madrasah dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Penelitian yang disusun oleh penulis ialah deskriptif, dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu; a) Wawancara mendalam (indepth interview), b) Pengamatan, c) dokumentasi. Adapun sumber data langsung peneliti dapatkan dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan pengamatan. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dalam rangka demi membandingkan data dari hasil analisa (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa madrasah sangat penting peranannya dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Guru dan madrasah bisa melakukan banyak hal dan berinovasi dalam membangun kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik untuk mencetak generasi emas. Madrasah dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam kurikulum (skenario pembelajaran), membuat program-program yang efektif, mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan pembiasaan dan kegiatan ektrakurikuler sehingga dapat memotivasi peserta didik agar menjadi pribadi yang berimtaq, cerdas, tangguh, tanggap, inovatif, berpikir holistik, dan memiliki kecakapan social.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Sundari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.