Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru TK Dan PAUD

Authors

  • Dominggus Lero Bili Universitas Katolik Weetebula
  • Fransiskus Ghunu Bili Universitas Katolik Weetebula
  • Novriani Umbu Pingge Universitas Katolik Weetebula
  • Juwita Triani Wola Universitas Katolik Weetebula

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Guru TK, PAUD

Abstract

Kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berdampak posotif pada pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan guru-guru TK/PAUD untuk merancang pembelajaran yang baik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan guru-guru untuk merancang pembelajaran yang tepat berdasarkan pemilihan tema, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, dan rencana kegiatan pembelajaran, serta rencana penilaian pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode workshop dengan melibatkan guru-guru TK/PAUD. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari pada Sabtu, 25 November 2023. Tindakan yang dilakukan adalah menggunakan tekink tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta diawal dan diakhir kegiatan pelatihan. Hasil pretest belum maksimal, karena pemahaman peserta belum memahami penyusunan perangkat pembelajaran yang tepat dan dan hasil posttest menunjukkan peningkatan yang maksimal karena peserta sudah memahami cara penyusunan perangkat pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil produk yang dihasilkan peserta berupa RPPM dan RPPH yang dibuat dengan baik oleh peserta pelatihan. Kesimpulannya hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatkan kemampuan, pemahaman, dan keterampilan gugu-guru TK/PAUD dalam merancang perangkat pembelajaran yang baik dan tepat.

Downloads

Published

2024-11-26