Pendampingan UMKM Kampung Jelujur Margajaya Dalam Meningkatkan Jangkauan Pasar dan Visibilitas Merek Melalui Strategi Pemasaran Yang Komprehensif
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i7.2701Keywords:
Pemasaran, UMKM, Visibilitas, Pendampingan, JelujurAbstract
Berdasarkan hasil observasi, analisis SWOT, dan wawancara beberapa permasalahan yang dialami oleh UMKM dari Kampung Jelujur Margajaya seperti visibilitas merek ini masih sangat terbatas, baik dari segi lokasi fisik, variasi produk yang ditawarkan, maupun kehadiran di platform media sosial. Merek ini baru memiliki akun Instagram dan belum memanfaatkan marketplace seperti Shopee atau Linktree untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, belum ada saluran komunikasi resmi seperti WhatsApp, nomor telepon, atau alamat email yang bisa dihubungi oleh calon konsumen. Maka dari itu tujuan kegiatan pendampingan ini untuk meningkatkan visibilitas merek, mengembangkan platform digital dan marketplace untuk meningkatkan penjualan, serta membangun branding melalui media sosial. Metode pelaksanaan dalam pendampingan ini dilakukan dengan cara kunjungan secara langsung, pendampingan serta implementasi strategi. Dalam pelaksanaan pendampingan ini yang pertama dilakukan adalah observasi, analisis SWOT, menyusun rencana pendampingan yang akan dilakukan selama proses pendampingan dan rencana selama kegiatan berlangsung, melakukan wawancara, dan metode Community Based Research (CBR) menggunakan pendekatan Forum Group Discussion (FGD), dan adanya kegiatan program eval_uasi berupa monitoring dari setiap kegiatan yang telah dilakukan demi tercapainya target yang ditentukan. Kegiatan pendampingan ini telah berhasil membantu UMKM Kampung Jelujur Margajaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran, lebih mampu berdaya saing dan diketahui di pasar yang lebih luas, membuat berbagai platform sosial media dan juga marketplace, membuat berbagai konten yang hasilnya terdapat peningkatan jumlah viewers, komentar, likes, dan followers yang cukup meningkat, serta peningkatan pembelian melalu digital marketing.