Penerapan Augmented Reality Untuk Memperkenalkan Hewan Langka Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i7.2698Keywords:
Augmented Reality, Hewan Langka, Android, waterfall, unity 3DAbstract
Hewan langka jumlahnya semakin berkurang dan terancam kepunahan, memperkenalkan hewan langka diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindunginya. Penelitian ini bertujuan mengaplikasikan teknologi augmented reality untuk membuat aplikasi pengenalan hewan langka berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dari metode pengembangan sistem waterfall dengan menggunakan tools seperti Unity 3D dan Vuforia. Penelitian ini melibatkan murid dan guru sekolah SD PSKD 6 dengan jumlah partisipan sebanyak 30 orang. Tahapan penelitian terdiri dari pengumpulan kebutuhan, tahap kedua yaitu tahap perancangan dan pemodelan menggunakan Unified Modeling Language yang mencakup Usecase Diagram dan Activity Diagram. Tahap ketiga adalah Implementasi, tahap keempat adalah tahap verifikasi dan tahap kelima dan terakhir adalah tahap pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi AR untuk pengenalan hewan langka menggunakan Unity berhasil memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna untuk menjelajahi dan mempelajari hewan-hewan langka secara mendalam, termasuk fitur-fitur rotasi, suara, dan informasi detail yang memperkaya pengalaman pengguna.