Analisa Determinan Brand Loyalty Pada Brand Fashion H&M
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2549Keywords:
Cinta Merek, Loyalitas Merek, Harga Diri, Kerentanan Terhadap Pengaruh NormatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah brand love memiliki pengaruh terhadap brand loyalty, dan apakah self esteem serta susceptibility to normative influence memiliki peran pada pengaruh brand love terhadap brand loyalty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand love memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty. Kemudian brand love juga memiliki pengaruh terhadap self-esteem dan susceptibility to normative influence. Dan, self-esteem serta susceptibility to normative influence terbukti berpengaruh terhadap brand loyalty. Metode yang digunakan dalam analisis data yakni structural equation modeling (PLS SEM) dengan 150 responden, penyebaran kuesioner menggunakan google form melalui media sosial seperti Whatsapp WA), instagram (IG) dan telegram. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna pernah menggunakan dan berbelanja brand H&M. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa cinta merk tidak memiliki pengaruh langsung terhadap harga diri, cinta merk berpengaruh positif terhadap kerentanan terhadap pengaruh normatif, kerentanan pengaruh normatif berpengaruh positif terhadap lolayitas merk, dan harga diri berpengaruh positif terhadap loyalitas merk.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Hardiyanti, Sugiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.