Pemahaman Siswa SMA Terhadap Fungsi Bimbingan dan Konseling di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2508Keywords:
pemahaman, fungsi bimbingan dan konseling, layanan bimbingan dan konselingAbstract
Pada tingkatan peserta didik sekolah menengah atas, bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan yang diperlukan untuk membantu peserta didik menghadapi permasalahan yang dihadapinya. Pada usia ini peserta didik mulai mengembangkan apa yang ingin dilakukan tentunya apabila hal ini dilakukan tanpa pengawasan bisa saja menjadi buruk bagi peserta didik. Oleh sebab itu, perlu pemahaman dari peserta didik mengenai fungsi bk di sekolah agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literatul review. Literatur review adalah sebuah metode yang sistematis, eksplisit dan reprodusibel untuk melakukan identifikasi, eval_uasi dan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan hasil pemikiran yang sudah dihasilkan oleh para peneliti dan praktisi. Literatur review bertujuan untuk membuat analisis dan sintesis terhadap pengetahuan yang sudah ada terkait topik yang akan diteliti untuk menemukan ruang kosong bagi penelitian yang akan dilakukan. Dari beberapa jurnal yang telah di kaji, ditemukan hasil penemuan bahwa masih banyak peserta didik belum memahami fungsi bk disekolahnya, mereka berpandangan bk adalah tempat dimana siswa bermasalah di proses dan tindak. Selain itu, ada ketakutakan akan di cela oleh teman apabila masuk ke ruangan bk. Kurangnya pemahaman ini tentu perlu dilakukan peningkatan pengenalan bk terhadap peserta didik di sekolah. Guru bk dapat menerapkan layanan-layanan yang sudah ada pada layanan bimbingan dan konseling, dimulai dari layanan orientasi yang dapat diberikan kepada peserta didik baru pada awal semester. Melalui layanan ini guru bk ataupun konselor dapat mengenalkan bk pada peserta didik.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Agustina Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.