Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Terintregrasi Kurikulum Tmi Dipondok Pesantern Al-Inaayah

Authors

  • Arip Rahmati Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Muhammad Alfi Arrizki Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Muhammad Sofwani Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Muhammad Naufal Alwan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • M.Abd Rahman Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2501

Keywords:

Pelatihan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Modul ajar adalah perangkat atau bahan ajar yang dirancang secara sistematis untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar. Modul ajar biasanya disusun untuk tujuan tertentu dan memiliki struktur yang terorganisir dengan baik sehingga dapat memberikan panduan yang jelas bagi pendidik dan siswa. Karena modul ajar masih relatif baru, masih ada beberapa guru yang belum sepenuhnya memahami teknik dalam menyusun dan mengembangkan modul ajar, terutama dalam kurikulum merdeka. Kegiatan pembelajaran yang tidak merencanakan modul ajar dengan baik dapat dipastikan bahwa penyampaian materi kepada siswa tidak akan sistematis, sehingga proses kegiatan belajar menjadi tidak seimbang antara pendidik dan siswa. Target dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat modul ajar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas pendidik, sehingga nantinya tidak ada kesulitan dalam membuat modul ajar terbaru dari kurikulum merdeka. Solusi yang ditawarkan dalam workshop ini meliputi pendampingan dan pelatihan bagi pendidik dalam pembuatan modul ajar pada bidang studi PAI dalam kurikulum merdeka bagi guru Mts dan MA ponpes Al-Inaayah. Jenis kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang merupakan penelitian yang secara aktif melibatkan semua pihak terkait dalam mempelajari tindakan yang sedang berlangsung di mana pengalaman mereka sendiri menjadi masalah untuk melakukan perubahan dan perbaikan yang lebih baik.

Downloads

Published

2024-10-25