Analisa Lingkungan Internal dan Eksternal
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2496Keywords:
Manajemen strategi, Analisis lingkungan internal, Analisis lingkungan eksternalAbstract
Manajemen strategi adalah seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengeval_uasi keputusan-keputusan yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Upaya strategi yang dilakukan berupa perencanaan dan pelaksanaan strategi dari suatu organisasi untuk mencapai keunggulan yang kompetitif di era persaingan pasar yang tinggi. Untuk mengembankan strategi yang efektif perlu dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal. Analisis lingkungan internal berfokus pada eval_uasi faktor-faktor internal yang mempengaruhi kinerja dan kemampuan organisasi. Analisis internal meliputi sumber daya, analisis nilai rantai, analisis kapabilitas dari organisasi dan analisis budaya organisasi. Sedangkana analisis eksternal berfokus pada pemahaman faktor-faktor luar yang dapat mempengaruhi operasional dan keputusan Perusahaan. Pendekatan pada analisis eksternal dapat menggunakan model PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan, dan Legal )dan Five Forces. Baik analisis internal maupun eksternal harus diintegrasikan untuk merumuskan strategi yang komprehensif dan efektif. Proses analisis ini harus bersifat dinamis dan berkelanjutan dengan melakukan integrasi ini, perusahaan dapat menyusun rencana strategis yang lebih adaptif dan responsif terhadap dinamika pasar sehingga dapat memepertahankan organisasi untuk dapat tetap unggul dan berdaya saing.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delma Yulisa, Imam Bustan Erdiansyah, Fransiskus Dicky Septiawan, Sherin Qothrunnadaa Sugiri, Lina Budiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.