Analisis User Experience terhadap Geo-Vulcan Metaverse sebagai Ruang Kelas Virtual Berbasis Spatial.io

Authors

  • Anna Yulia Astuti Universitas Negeri Malang
  • Listyo Yudha Irawan Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Annisa Rahmawati Ayuningtyas Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Mahmud Zakariyah Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2230

Keywords:

Geo-Vulcan, Spatial.io, Metaverse, User Experience

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis user experience terhadap Geo-Vulcan Metaverse sebagai ruang kelas virtual berbasis Spatial.io. Pengembangan Geo-Vulcan Metaverse memanfaatkan teknologi Spatial.io sebagai ruang kelas virtual. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan bantuan User Experience Quistionaire untuk mengukur enam faktor yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Terdapat lima tahapan penelitian yaitu, perencanaan dan pengembangan media, penyusunan skenario dan penugasan, pemilihan responden, pengukuran user experience, serta analisis hasil pengukuran. 36 siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Pare semester Genap 2024/2025 sebagai responden pada penelitian ini. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan memasukkan data ke dalam Data Analysis Tools yang tersedia pada website UEQ. Berdasarkan deskripsi data hasil pengukuran user experience Geo-Vulcan Metaverse sebagai ruang kelas virtual berbasis Spatial.io, perolehan nilai untuk daya tarik sebesar 1,92, kejelasan sebesar 1,68, efisiensi sebesar 1,55, ketepatan sebesar 1,58, stimulasi sebesar 2,13, dan kebaruan sebesar 1,75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perolehan nilai pada enam faktor tersebut telah memenuhi kriteria pada seluruh variabel yang diukur.

 

Downloads

Published

2024-10-24