Strategi Dalam Pengembangan Kompetensi Karyawan Untuk Meningkatkan Daya Saing Kewirausahaan Warkop Tea House

Authors

  • Arjun Arjun Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Muammar Khaddapi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sapar Sapar Universitas Muhammadiyah Palopo

Keywords:

UMKM, kompetensi karyawan, daya saing

Abstract

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi serta UMKM memberikan peluang bagi usaha kecil untuk berkembang. Salah satu faktor utama dalam perkembangan UMKM adalah pengembangan kompetensi karyawan untuk meningkatkan daya saing kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kompetensi karyawan dalam mendukung daya saing usaha di Warkop Tea House, Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan, melalui pelatihan dan pengembangan, berdampak positif terhadap daya saing kewirausahaan. Strategi bisnis yang efektif dan kompetensi yang diperoleh melalui pelatihan mampu meningkatkan kinerja usaha di tengah persaingan dan perubahan pola pasar yang cepat. Kesimpulannya, pengembangan kompetensi karyawan secara berkelanjutan sangat penting dalam meningkatkan daya saing UMKM di era globalisasi.

Downloads

Published

2024-09-28