Strategi Implementasi Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2219Keywords:
Strategi Implementasi, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang permasalahan degradasi moral dan karakter akademik yang ada di SD Al Bayyinah Muhammadiyah. Berdasarkan latar masalah tersebut, peneliti meiliki tujuan penelitian diantaranya 1) untuk mengetahui strategi implementasi pembelajaran profil pelajar pancasila di kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah 2) untuk mengetahui efektivitas strategi implementasi pembelajaran profil pelajar pancasila di kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan menggambarkan secara menyeluruh terhadap suatu keadaan. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan tahapan penelitian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan empat peserta didik. Peneliti mendapatkan hasil, guru menerapkan tiga strategi pembelajaran secara efektif, yaitu strategi pembelajaran group individual learning, strategi pembelajaran penugasan, dan strategi pembelajaran kontekstual.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Fathur Fachruzi, Ahmad Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.