Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet di Kober Ar-Raudloh

Authors

  • Imas Siti Aisah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lia kurniawaty Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Delina Kasih Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i4.1552

Keywords:

Peningkatan Kemampuan Sosial, Anak Usia 4-5 Tahun, Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan perilaku tanggung jawab sosial pada anak melalui permainan. Yang menarik adalah permainan petak umpet. Melalui permainan ini interaksi sosial anak berupa perubahan tingkah laku anak dapat tersalurkan, empati, etika dan sikap positif dapat tumbuh melalui permainan petak umpet. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rencana tindakan ini mencakup langkah-langkah pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Alat yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, 12 anak direkrut sebagai subjek penelitian dan dinilai berdasarkan kriteria BB, MB, BSH dan BSB. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai aktivitas prasiklus sebesar 39%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai sebesar 64%, dan pada siklus II memberikan nilai sebesar 84%, nilai yang mencapai nilai maksimumnya

Downloads

Published

2024-08-31