Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Anak dengan Bermain Peran di Kelompok Usia 4-5 Tahun di Kober Daarul Muttaqin Kabupaten Garut

Authors

  • Enong Nurhayati Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lia kurniawaty Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Delina Kasih Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i4.1551

Keywords:

Upaya Peningkatan Keterampilan, Sosial Anak, dengan Bermain Peran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode role-playing. dalam pelaksanaan kegiatan dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa agar dapat melakukan interaksi, komunikasi dan bekerjasama dengan orang lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (CSR) yang mengikuti metode Kemmis dan McTaggart melalui kolaborasi guru-siswa. Operasi ini melakukan 4 fase yaitu. observasi, pelaksanaan, tindakan dan refleksi dalam dua periode. Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan instrumen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, anekdot Rekord dan Dokumen dari guru. Subjek penelitian di ambil dari satu kelas di Kober Daarul Muttaqin dengan jumlah anak 17 siswa, tolak ukur dalam penelitian menggunakan nilai kriteria BB, MB, BSH dan BSB. Hasil penelitian menunjukkan dalam upaya peningkatan keterampilan sosial dengan menggunakan metode bermain peran sangat berpengaruh baik dengan adanya nilai rata rata pada data awal  pra siklus 36,1%, siklus I 59,6% dan siklus II 80,2 %. Dari data tersebut adanya peningkatan dalam tahapan siklusnya

Downloads

Published

2024-08-31