Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Anak dengan Bermain Peran di Kelompok Usia 4-5 Tahun di Kober Daarul Muttaqin Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i4.1551Keywords:
Upaya Peningkatan Keterampilan, Sosial Anak, dengan Bermain PeranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode role-playing. dalam pelaksanaan kegiatan dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa agar dapat melakukan interaksi, komunikasi dan bekerjasama dengan orang lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (CSR) yang mengikuti metode Kemmis dan McTaggart melalui kolaborasi guru-siswa. Operasi ini melakukan 4 fase yaitu. observasi, pelaksanaan, tindakan dan refleksi dalam dua periode. Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan instrumen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, anekdot Rekord dan Dokumen dari guru. Subjek penelitian di ambil dari satu kelas di Kober Daarul Muttaqin dengan jumlah anak 17 siswa, tolak ukur dalam penelitian menggunakan nilai kriteria BB, MB, BSH dan BSB. Hasil penelitian menunjukkan dalam upaya peningkatan keterampilan sosial dengan menggunakan metode bermain peran sangat berpengaruh baik dengan adanya nilai rata rata pada data awal pra siklus 36,1%, siklus I 59,6% dan siklus II 80,2 %. Dari data tersebut adanya peningkatan dalam tahapan siklusnya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.