Pelatihan Strategi Perencanaan Bisnis yang Kompetitif dalam Berwirausaha pada Siswa SMA

Authors

  • Nur Hidayah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • M.Tony Nawawi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i3.14

Keywords:

perencanaan strategi, proses manajemen, wirausaha pelatihan

Abstract

Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan bekal pengetahuan tentang  strategi bisnis yang unggul bersaing, saat melakukan wirausaha. Mitra yang dijadikan tempat kegiatan adalah sekolah menengah atas / SMA Islam Asysyakirin yang berlokasi di Kota Tangerang Kegiatan PKM didasarkan pada observasi awal pada mitra dimana mitra belum mendapatkan  pembekalan  strategi  perencanaan bisnis dari pihak luar Sekolah. Masih minimnya pengetahuan mitra tentang perencanaan bisnis sebagai bekal nantinya untuk berwirausaha. Mengingat saat ini,  bersaingan bisnis yang semakin berat. Untuk unggul dalam bersaing bagi calon wirausaha muda,  sangat memerlukan  strategi perencanaan bisnis yang berkompetitif. Metode yang ditawarkan ke mitra adalah kegiatan pelatihan. Pelatihan dilakukan melalui google meet yang dibantu mahasiswa sebahgai host. Materi pembekalan yang disampaikan ke mitra berupa PPT mengenai strategi perencanaan, proses manajemen perencanaan yang berkompetitif dan lainnya disusun oleh Tim PKM. Hasil kegiatan menunjukkan, pembekalan materi soasialisasi diikuti 20 Siswa telah berjalan  lancar, terjadinya penambahan pengetahuan siswa tentang strategi perencanaan bisnis yang kompetitif bagi entrepreneur, terbukti dari hasil evaluasi sebanyak 80% siswa menjawab terjadinya peningkatan pengetahuan dari materi yang disampaikan Tim PKM.

Downloads

Published

2021-07-27