Meningkatkan Kemampuan Renang Gaya Bebas dengan Alat Bantu Swim Board pada Siswa Kelas IV SDN Mendogo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Bagus Tamami Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • I Made Sri Undy Mahardika Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1388

Keywords:

Swim board, renang gaya bebas, pembelajaran

Abstract

Renang merupakan salah satu olahraga yang penting untuk dikuasai, terutama bagi anak-anak. Terlebih bagi siswa di SDN Mendogo, kemampuan renang penting bagi mereka untuk menjaga keselamatan mereka dari bahaya tenggelam di sungai dan tambak yang mengapit sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penggunaan alat bantu swim board terhadap kemampuan siswa dalam melatih dan meningkatkan teknik berenang gaya bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan, dimana subyek penelitian diberi tindakan berupa latihan dasar renang gaya bebas dengan menggunakan alat bantu swim board. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Mendogo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan. Jumlah siswa adalah 25 anak. Subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok I berjumlah 12 orang yang dilatih renang gaya bebas tanpa menggunakan alat bantu, sedangkan kelompok II berjumlah 13 orang yang akan diberi latihan renang gaya bebas dengan alat bantu latihan swim board. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan di Lamongan Sport Center (LSC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok II, yang menggunakan alat bantu swim board, mengalami peningkatan kemampuan berenang gaya bebas yang signifikan dibandingkan dengan kelompok I yang tidak menggunakan alat bantu tersebut. Kelompok II mengalami peningkatan yang lebih besar dalam berbagai aspek kemampuan berenang. Pada komponen posisi badan, kelompok II menunjukkan peningkatan sebesar 77% dibandingkan dengan 58% pada kelompok I. Dalam hal gerakan kaki, kelompok II mengalami peningkatan sebesar 77%, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya 17% pada kelompok I. Peningkatan pada gerakan lengan juga lebih besar pada kelompok II, yaitu sebesar 85% dibandingkan dengan 50% pada kelompok I. Dalam pengaturan nafas, kelompok II mencapai peningkatan sebesar 85%, sementara kelompok I hanya sebesar 33%. Pada gerakan koordinasi, kelompok II menunjukkan peningkatan sebesar 46% dibandingkan dengan 8% pada kelompok I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan alat bantu swim board memiliki dampak positif terhadap kemampuan renang gaya bebas siswa kelas IV SDN Mendogo

Downloads

Published

2024-07-29