Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Olahan Daging Babi Nabas Di Kota Kupang

Authors

  • Bertolomeus E. Gae Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Ulrikus R. Lole Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Maria Yasinta Luruk Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Morin M. Sol’uf Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1369

Keywords:

daging babi, konsumen, minat beli, nabas, produk olahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Kota Kupang untuk membeli produk olahan daging babi nabas. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel purporsif digunakan dengan mempertimbangkan wilayah penjualan yang memiliki jumlah pelanggan tertinggi. Secara tidak sengaja, 100 responden dipilih, dengan 20 responden contoh masing-masing wilayah penelitian. Data dikumpulkan melalui metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara mengamati perilaku konsumen secara langsung di lokasi penelitian. Wawancara dilakukan secara langsung dan memberikan daftar pertanyaan kepada konsumen yang membeli produk olahan daging babi nabas, dan disertakan dengan dokumentasi dengan metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh selera (X3), jarak (X4) dan alokasi pendapatan (X6), sedangkan yang tidak berpengaruh adalah harga jual (X1), jumlah pengunjung (X2) dan kebiasaan (X5) terhadap minat beli produk olahan daging babi nabas di Kota Kupang. Oleh karena itu, disarankan kepada pelaku usaha produk olahan daging babi nabas agar bisa mengembangkan usaha lebih baik dan bisa memahami kebutuhan dari konsumen yang makin hari makin selektif.

Downloads

Published

2024-06-30