Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) RSU Kartini - Lampung

Authors

  • Belinda Layrenshia Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Candra Gumilar Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Dionysius Beni Nugroho Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • M. Alfi Maulidi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Syafii Syafii Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Junlianty Liambana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Anggraeni Noor Azahra Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Inggrid Since Yuliana Frans Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Purwadhi Purwadhi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Mira Veranita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1368

Keywords:

Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, Importance Performance Analysis (IPA), Kualitas Layanan

Abstract

Pelayanan kesehatan yang memuaskan semakin diakui karena pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan kesehatan berusaha untuk membuat pelanggan puas dengan memberikan layanan yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), penelitian ini menganalisis kepuasan pasien di RSU Kartini Lampung. Kinerja dan kepentingan pelayanan diukur dari 20 responden yang dibagi dalam dua kelompok usia: yang di bawah 45 tahun dan yang di atas 45 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk responden di bawah 45 tahun, rata-rata nilai kinerja (X) sebesar 4,2 dan kepentingan (Y) sebesar 4,5, dan untuk responden di atas 45 tahun, rata-rata nilai kinerja (X) sebesar 4,2 dan kepentingan (Y) sebesar 4,4. Ada gap -0,3 dan -0,2 antara kinerja dan kepentingan. Menurut analisis IPA, responden di bawah usia 45 tahun memerlukan kamar yang bersih, nyaman, dan menarik, tetapi mereka di atas usia 45 tahun menganggap sudah baik dan harus mempertahankannya. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan, kualitas pelayanan harus disesuaikan dengan persepsi dan kebutuhan pasien dari berbagai kelompok umur

Downloads

Published

2024-06-30