Pengelolaan Usaha Kerupuk Ikan Berkah di Desa Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon

Authors

  • Muhammad Iqbal Al Ghozali Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Cahyono Cahyono Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Sri Fatmawati Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i3.13

Keywords:

Pengelolaan, usaha, Kerupuk Ikan Berkah

Abstract

Ikan merupakan bahan pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak macam olahan makanan yang bahan utamanya adalah ikan mulai dari di bakar, dipepes, ditumis hingga ada yang dibuat menjadi kerupuk. Kerupuk ikan merupakan alternatif lain dalam mengolah ikan menjadi makanan yang tidak biasa. Ada pengolahan khusus dan teknik pemasaran tertentu dalam mengembangkan usaha kerupuk ikan ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode penelitian deskriptif.  Penelitian ini dilaksanakan di rumah produksi Kerupuk Ikan Berkah yang ada di desa Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.Bahan utama dalam membuat camilan yang nikmat ini yaitu ikan tengiri bisa juga ikan japu. Berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha kerupuk ikan  diantaranya gerobak, wajan, pengangkat gorengan, pengukus, penggilingan daging ikan, pemotong krupuk, gas dan lain lainAdapun tahapan-tahapannya yaitu : 1) proses pengukusan adonan kerupuk yang sudah di bikin bulat –bulat; 2) Proses pemotongan kerupuk setelah adonan yang sudah di bikin bulat-bulat di dinginkan ke dalam kulkas; 3) Proses penjemuran kerupuk ,sebelum di goreng kerupuk dijemur terlebih dahulu sampai kering,agar  ketika di goreng akan mengembang; 4) Proses  berikutnya adalah  proses penggorengan ,setelah kerupuk kering; 5) Proses  pengepakan  krupuk yang sudah di goring. Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan cara membuat kerupuk ikan dengan hasil yang enak dan renyah, pemasaran kerupuk ikan ini di lakukan dengan menitipkan produk di toko –toko maupun di warung –warung, selain itu juga melayani pemesanan bagi pelanggan. Adapun respon masyarakat terkait dengan rasa kerupuk ikan berkah yaitu  kerupuk Ikan Berkah sangat renyah dan rasa ikannya sangat terasa. Kerupuk Ikan Berkah tahan lama jika disimpan di tempat yang tertutup.

Downloads

Published

2021-07-27