Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Asam Basa di MAN Katingan
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i11.1231Keywords:
Pengembangan E-Modul, Proyek, Kemampuan Berpikir, Peserta Didik, Asam BasaAbstract
Penelitian tentang pengembangan e-modul berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi asam basa di MAN Katingan pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui hasil uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan e-modul yang dikembangkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, subjek penelitian yaitu 27 peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN Katingan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis proyek. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan nilai 86,95, secara kepraktisan menunjukkan sangat praktis dengan nilai 89,38 diperoleh dari hasil respon peserta didik dan angket lembar observasi, dan secara efektivitas menunjukkan bahwa e-modul efektif dengan nilai 76,06 e-modul yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang dilihat dari hasil pretest dengan nilai 31,02 dan memperoleh nilai posttest sebesar 83,18 sehingga mencapai peningkatan pada kategori tinggi yang ditunjukkan dengan data dari nilai N-Gain yaitu 0,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis proyek yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.