Penerapan Sistem Informasi Pemasaran (SIP) pada Products and Services Layanan Unggulan Kardiovaskular di Rumah Sakit X

Authors

  • Edi Kurnawan Universitas Sangga Buana
  • I G. N. Trianantha Jaya Universitas Sangga Buana
  • Engga Purnama Universitas Sangga Buana
  • Arizky Winahyu Universitas Sangga Buana
  • Kornelis Aribowo Universitas Sangga Buana
  • Azis Surya Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1227

Keywords:

Penerapan Sistem Informasi Pemasaran (SIP), Products and Services, Layanan Unggulan Kardiovaskular, Rumah Sakit

Abstract

Dalam era perkembangan teknologi informasi, rumah sakit khususnya Rumah Sakit "X" berfokus pada perawatan kardiovaskular, menghadapi tantangan dalam menyediakan produk dan layanan yang optimal. Implementasi Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) menjadi langkah strategis untuk mengoptimalkan pemasaran produk dan layanan kardiovaskular serta manajemen informasi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dan memberikan rekomendasi guna meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pasien. Studi literatur dilakukan untuk menganalisis perkembangan terkini dalam penerapan SIMRS dan SIP di sektor layanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu rumah sakit "X" menerapkan SIMRS dengan kebutuhan layanan terintegrasi, sesuai dengan Digital Maturity Index (DMI) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. SIMRS mencakup Front Office (pelayanan pasien) dan Back Office (manajemen internal). Infrastruktur komunikasi data elektronik yang baik mendukung pertukaran informasi antar unit pelayanan dan sistem lainnya.  Kesimpulan Dari penelitian ini yaitu implementasi SIMRS dan SIP di Rumah Sakit "X" memainkan peran strategis dalam meningkatkan kesadaran, akses, dan penerimaan produk dan layanan kesehatan, kontribusi positif pada kualitas pelayanan. Keseluruhan, pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran dan manajemen membantu rumah sakit menghadapi tantangan dan memperoleh peluang di bidang kardiovaskular.

 

Downloads

Published

2024-02-29