Peran Brand Awareness dalam Memediasi Review Beauty influencer terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Putu Shanti Karmanita Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1194

Keywords:

Somethinc, Tinjau Beauty Influencer, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Ulasan influencer kecantikan adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh merek untuk memperkenalkan produk yang baru dirilis. Peran seorang beauty influencer adalah memberikan informasi mengenai produk kecantikan yang pernah ia gunakan dan pengalamannya dalam menggunakan produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ulasan beauty influencer terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand awareness produk Something di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, dengan total 110 responden yang telah membeli produk Something dan merupakan pengguna aktif media sosial, dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner melalui Google form. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan beauty influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness terhadap produk Something di Kota Denpasar. Ulasan beauty influencer berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Something di Kota Denpasar. Brand awareness sebagai variabel mediasi mampu mempengaruhi review beauty influencer terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di Kota Denpasar. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya upaya brand Something untuk menggunakan beauty influencer lain yang telah dipercaya secara luas oleh masyarakat untuk mengulas produk yang baru dirilis, sehingga dapat lebih meyakinkan konsumen bahwa produk Somethinc memiliki kualitas yang nyata.

 

Downloads

Published

2024-02-29