Pengaruh Sistem Informasi Manajeman terhadap Pemasaran dan Konsumen pada Pelayanan Kesehatan

Authors

  • Wildan Priscillah Universitas Sangga Buana
  • Afira Febriani Universitas Sangga Buana
  • Firda Nur Laila Universitas Sangga Buana
  • Anggilia Yuliani Susanti Universitas Sangga Buana
  • Isni Wantias Universitas Sangga Buana
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1190

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Pemasaran Pelayanan Kesehatan, Konsumen

Abstract

Pemasaran Rumah Sakit merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang terdiri dari suatu analisis, perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian terhadap program kesehatan yang telah di rancang rumah sakit guna meningkatkan penjualan jasa kesehatan oleh rumah sakit agar menghasilkan keuntungan yang sesuai dengan harapan management rumah sakit. Strategi pemasaran dibuat untuk memberi petunjuk pada para manager bagaimana produk/jasa yang dihasilkan dapat sampai pada konsumen dan bagaimana memotivasi konsumen untuk  membelinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pengertian pemasaran dan manajemen pemasaran, untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri organisasi semibisnis, untuk mengetahui dan memahami masalah utama pemasaran rumah sakit, untuk mengetahui dan memahami manfaat dari pemasaran dan untuk mengetahui dan memahami orientasi pemasaran. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif, gabungan kedua pendekatan ini dapat memberikan pemahaman menyeluruh tentang efektivitas SIM-RS dalam meningkatkan pemasaran rumah sakit dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di  Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi managerial (SIM) berperan penting dalam meningkatkan koneksi antara market (RS) dan customer (pasien). Dengan SIM yang sesuai diterapkan pada suatu market, dapat meningkatkan kinerja market yang berdampak pada peningkatan mutu dan kepercayaan kustomer.

Downloads

Published

2024-02-29