Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pejualan Produk Pada PT. Cipta Niaga Semesta Palembang
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v1i9.116Keywords:
Bauran Pemasaran (Marketing Mix);, Periklanan;, Personal Selling;, Promosi Penjualan;, Publisitas;, Hubungan Masyarakat.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada PT. Cipta Niaga semesta Palembang dengan menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix. Data yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 2016-2020, hasil penelitian ditemukan beberapa strategi pemasaran di PT. Cipta Niaga semesta Palembang yaitu strategi pemasaran dibidang promosi. Pelaksanaan periklanan yaitu menggunakan iklan di televisi, youtube, dan bagi-bagi brosur, pelaksanaan personal selling yaitu dengan cara menawarkan produk ke pasar-pasar tradisional, toko-toko, dan outlet-outlet, pelaksanaan promosi penjualan yaitu dengan cara SPG/B menjual ke warung kecil, warung kopi dan masyarakat setempat serta membawa hadiah, pelaksanaan publikasi yakni menjadi sponsor dalam acara-acara tertentu dan pelaksanaan hubungan masyarakat yakni dengan cara melakukan sampling. Strategi promosi yang dilakukan PT Cipta Niaga semesta Palembang sudah lumayan efektif yakni menerapkan strategi personal selling, periklanan, publisitas, hubungan masyarakat, dan juga promosi penjualan. Hanya saja tidak semua strategi promosi berjalan dengan lancar seperti personal selling, dan promosi penjualan. Hal-hal tersebut berdampak langsung terhadap penjualan. Untuk itu penulis memberi saran perusahaan harus lebih memperhatikan alat untuk meningkatkan penjualan maka pelaksanaan personal selling sebaiknya para tenaga kerja atau sales diberi training atau latihan khusus yang terprogram, dan pada pelaksanaan promosi penjualan perusahaan hendaknya mulai mencari cara-cara baru yang lebih mudah dan efektif dalam membujuk calon pelanggan serta ditingkatkan dan diperpanjang lagi masa periode pemberian hadiah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.