Korean Entertainment: Pengaruh Penggemar Korean Entertainment Terhadap Purchase Intention dan Visit Intention

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Esa Unggul
  • Desy Prastyani Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i08.1108

Keywords:

Penggemar Hiburan Korea, Kesadaran Merek, Niat Membeli dan Niat Berkunjung

Abstract

Memasuki era digital seperti sekarang, telah membuat informasi dan budaya asing, seperti Korean Wave, menjadi lebih mudah diakses, yang mengarah pada tingkat keterlibatan yang bervariasi di antara penggemar Hiburan Korea di Indonesia. Penelitian ini mengkaji bagaimana audience involvement, celebrity worship, brand awareness, dan perceived product quality memengaruhi purchase intention dan visit intention. Melalui penelitian kuantitatif dan analisis SEM data dari 290 penggemar, temuan menunjukkan bahwa keterlibatan audiens memengaruhi pengagungan selebriti. Namun, pengagungan selebriti tidak memengaruhi niat pembelian, niat kunjungan, atau kesadaran merek. Sebaliknya, kesadaran merek memengaruhi persepsi kualitas produk dan niat pembelian, sementara persepsi kualitas produk secara langsung memengaruhi niat pembelian dan kunjungan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengetahuan strategi pemasaran dan menyediakan referensi untuk penelitian lebih lanjut, terutama dalam bidang manajemen.

Downloads

Published

2023-12-25