Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Profesionalitas Ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi

Authors

  • Rosyidah Rosyidah Universitas Islam Negeri Jember
  • Sofyan Tsauri Universitas Islam Negeri Jember
  • Erma Fatmawati Universitas Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i08.1098

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Profesionalitas Ustadz

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia. Menurut Dessler manajemen sumber daya manusia sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuan. Dalam lembaga pendidikan manajemen sumber daya manusia adalah salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas lembaga dan profesionalitas guru. Perhatian terhadap manajemen oleh lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan islam diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap kualitas guru atau ustadz, menjadi guru atau ustadz yang profesional yaitu guru atau ustadz yang memiliki kompetensi dan kualifikasi tertentu sesuai bidang keahlian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan sumber serta member check. Informan penelitian yaitu ketua yayasan, pengurus bidang pendidikan, sebagian ustadz dan sebagian murid. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Proses perencanaan terkait kebutuhan sumber daya ustadz dilakukan setiap tahun berdasarkan analisis kebutuhan melalui musyawarah di tingkat lembaga atau sekolah kemudian di presentasikan di tingkat yayasan. Sebelum menerima pelamar dari sumber eksternal terlebih dahulu memanfaatkan sumber daya internal yang dimiliki pesantren dengan program guru bantu, guru mengabdi dan guru tidak tetap atau guru magang. (2) Proses rekrutmen dilakukan berdasarkan asas kebutuhan di semua lembaga terkait, kemudian membuka lamaran dan dilanjutkan dengan seleksi administrasi, wawancara, tes membaca Al-Qur?an, microteaching dan istikhoroh pengasuh kemudian penandatanganan kontrak kerja. (3) Program pelatihan dan pengembangan meliputi mini seminar, pelatihan IT, pelatihan menulis, workshop, studi lanjut, sertifikasi guru Al-Qur?an, Yaumul Usroh, Rihlah Ilmiah dan Manaqib.

Downloads

Published

2023-12-25