Pengaruh Harga Dan Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Shopee
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1077Keywords:
Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan romosi berbasis media sosial pada Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarkat pengguna Shopee di Jakarta, metode sampling dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik simple random sampling. Kemudian penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan Rumus Slovin dan diperoleh jumlah sampel representative sebesar 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan program statistik SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian pada Shopee, hal tersebut terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis variabel harga menunjukkan hasil uji t diperoleh dengan nilai yang signifikansi terhadap keputusan pembelian (2,914 > 1,985) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sedangkan variabel promosi menunjukkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi terhadap keputusan pembelian sebesar (11,091 > 1,985) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisa koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,702 yang berarti sumbangan harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 70,2%, sedangkan sisanya sebesar 20,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.