Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa–Siswi Kelas XI Smk Bina Nusa Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1065Keywords:
Penggunaan Media Visual, Pembelajaran, Mata Pelajaran, KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa-Siswi Kelas XI Mata Pelajaran Praktek Kreatif Kewirausahaan Smk Bina Nusa Bekasi. Untuk memperoleh data di pergunakan instrument hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam bentuk tes hasil belajar, dan instrument sikap belajar dalam bentuk skala sikap model likert. Metode penelitian yang digunakana adalah Eksperimen dengan desain factorial 2 x 2 dengan jumlah sample sampai 60 siswa-siswi SMK Bina Nusa Kabupaten Bekasi yang diambil secara sample random sampling.Analisa data yang digunakan adalah analisis Varian dua jalur (two way annava)dan di uji turkey sebagai uji lanjut. Hasi penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (fh=18,185>f1=4,062),setelah di analisis lebih lanjut dengan uji tukeyterdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan sikap belajar siswa terhadap hasilbelajar ekonomi siswa. Berdasarkan Hasil peneliti ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan peningkatan kualitas hasil beljar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.