Tanggung Jawab Pelaku Usaha Atas Kerugian Konsumen Yang Disebabkan Oleh Deskripsi Barang Yang Tidak Sesuai Dengan Aslinya Dalam Jual Beli Online Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Authors

  • Regina Audi Annaba Universitas Padjadjaran
  • Susilowati Susilowati Universitas Padjadjaran
  • Agus Suwandono Universitas Padjadjaran

Keywords:

Perlindungan Konsumen, Deskripsi Barang, Tanggung Jawab Pelaku Usaha

Abstract

Kemudahan dalam jual beli online seringkali disalahgunakan oleh pelaku usaha yang menyebabkan kerugian terhadap konsumen. Kerugian disebabkan oleh pelaku usaha yang mencantumkan informasi tidak sesuai dengan barang aslinya. Hal tersebut sudah jelas melanggar ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi hak konsumen atas informasi dari barang yang akan dibelinya serta tanggung jawab pelaku usaha dalam kerugian pada jual beli online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan bahan-bahan hukum yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpullkan bahwa implementasi hak konsumen atas informasi yang benar, jelas, dan jujur belum terlaksana dengan baik oleh pelaku usaha, dan bentuk tanggung jawab yang diberikan terdiri dari 3 bentuk yakni perdata, administratif, dan pidana.

Downloads

Published

2023-11-25