Sosialisasi dan Pelatihan Branding, Packaging dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1046Keywords:
Branding, Digital Marketing, Sosialisasi, UMKM, Packaging, PelatihanAbstract
Pemahaman masyarakat untuk mampu memaksimalisasi sumber daya yang ada dengan tersistem masih kurang. Banyak UMKM yang belum memiliki nama atau merk produk, sehingga tidak bisa membuat logo untuk produk mereka sendiri. Desa Purwadadi adalah daerah yang berada di Kabupaten Subang Kecamatan Purwadadi. Pada kegiatan pengabdian ini penulis melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan Branding, Packaging dan Digital marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM. Sosialisasi dan pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa Responden UMKM yang ada di Desa Purwadadi (pemilik UMKM). Pada kegiatan pengabdian ini penulis melakukan pendampingan dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut dengan penelitian deskriptif metode pengumpulan data menggunakan tahapan wawancara dan observasi. Sehingga kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat yang memiliki UMKM sudah mulai memahami mengenai digital marketing dengan baik karena metode sosialisasi dan pelatihan untuk mempermudah masyarakat dalam memahami materi. Implikasi penelitian ini diharapkan Pelaku UMKM yang menjadi target sosialisasi ini mampu menciptakan citra usaha (branding), packaging yang menarik dan digital marketing yang baik demi efisiensi dan efektifitas kinerja dari usaha yang dijalankannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.