Sosialisasi dan Pelatihan Branding, Packaging dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa

Authors

  • Pepe Febianti Universitas Subang
  • Firda Faradila Universitas Subang
  • Salsabilla Ai Nurhakim Universitas Subang
  • Auliya Zalizar Universitas Subang
  • Silvia Indah Melani Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1046

Keywords:

Branding, Digital Marketing, Sosialisasi, UMKM, Packaging, Pelatihan

Abstract

Pemahaman  masyarakat  untuk  mampu memaksimalisasi  sumber  daya yang  ada  dengan  tersistem  masih  kurang.  Banyak UMKM  yang  belum memiliki  nama  atau  merk  produk,  sehingga  tidak  bisa  membuat  logo untuk produk mereka sendiri. Desa Purwadadi adalah daerah yang berada di Kabupaten Subang Kecamatan Purwadadi. Pada kegiatan pengabdian ini penulis melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan Branding, Packaging dan Digital marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM. Sosialisasi dan pelatihan tersebut  diikuti  oleh  beberapa Responden  UMKM  yang  ada  di  Desa Purwadadi (pemilik UMKM). Pada kegiatan pengabdian ini penulis melakukan pendampingan dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut dengan penelitian deskriptif metode pengumpulan data menggunakan tahapan wawancara dan observasi. Sehingga kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat yang memiliki UMKM sudah mulai memahami mengenai digital marketing  dengan  baik karena metode  sosialisasi  dan pelatihan untuk mempermudah masyarakat dalam memahami materi. Implikasi penelitian ini diharapkan Pelaku UMKM yang menjadi target  sosialisasi  ini  mampu  menciptakan  citra  usaha (branding), packaging yang menarik dan digital marketing yang  baik  demi  efisiensi  dan  efektifitas kinerja dari usaha yang dijalankannya.

Downloads

Published

2023-11-27