Analisis Peran Supply Chain Management (SCM) Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Authors

  • Kadek Bagus Putra Permana Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.1015

Keywords:

supply chain management, riset campur sari, kinerja

Abstract

PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar mengalami peningkatan kebutuhan dalam memenuhi permintaan makanan dari seluruh airlines, dalam menghadapi peningkatan tersebut, perusahaan perlu memiliki kinerja yang baik serta diikuti dengan didukungnya oleh Supply Chain Management (SCM) yang kuat serta efisien untuk memastikan dari ketersediaan pasokan bahan baku serta pada saat melakukan distribusi produk sesuai dengan yang sudah dijadwalkan serta memiliki kualitas yang baik. Selain itu, Supply Chain Management (SCM) juga mempunyai titik fokus yang menekankan keterkaitan hubungan pada hal-hal yang menyangkut mengenai pemasok, hubungan bersama pelanggan, serta tingkat dari tersampainya sebuah informasi dalam konteks manajemen rantai pasok yang memiliki peran terhadap kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan analisis yang mendalam tentang pengaruh hubungan dengan pelanggan terhadap kinerja manajemen rantai pasok di PT. Aerofood ACS Unit Denpasar. Dalam melakukan penelitian ini akan memanfaatkan metode yang berupa riset campur sari atau disebut mixed methods, dimana menggunakan deskripsi kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hubungan dengan pemasok, hubungan dengan pelanggan, serta tingkat berbagi informasi mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan berkaitan dengan kinerja perusahaan dan kesimpulannya SCM berperan penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengelola hubungan dengan pemasok dan pelanggan serta memfasilitasi berbagi informasi efisien dalam rantai pasokan. PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar dapat memanfaatkan temuan ini untuk meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perusahaan.

Downloads

Published

2023-10-26