Analisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Absensi Pada Pt.Sarana Gastekindo Utama Prabumulih Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq)
Analisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Absensi Menggunakan Metode User Experience Questionnaire
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.1010Keywords:
Absensi, Kualitas Pengalaman Pengguna, User Experience QuestionnaireAbstract
PT.Sarana Gastekindo Utama Prabumulih merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri dan minyak gas bumi. PT.Sarana Gastekindo Utama Prabumulih mendukung kinerja karyawan di era pandemi covid-19 dengan membuat aplikasi absensi berbasis website sehingga seluruh karyawan dapat dengan mudah mengoprasikan pekerjaanya dan mengefisienkan waktu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas pengalaman pengguna pada aplikasi absensi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah User Experience Quesionnaire (UEQ), selanjutnya tahap pengumpulan data dengan cara menyebar pra kuesioner dan kuesioner melalui google form dengan teknik sampling jenuh yang sesuai untuk menjangkau populasi yang ada dalam penelitian ini, melakukan wawancara dengan karyawan yang menggunakan aplikasi absensi berbasis website, melakukan studi literatur dan menentukan jumlah populasi serta sampel. Dalam penelitian ini data dianalisis melalui kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat skala dengan kategori Above Average (diatas rata-rata) yaitu Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Ketepatan (Dependability), dan Kebaruan (Novelty), dan dua skala lainnya menghasilkan kategori Good yaitu Efisiensi (Efficiency) dan Stimulasi (Stimulation).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.