Rancang Bangun Alat Penghitung Berat dan Volume Paket Berbasis Arduino

Authors

  • Reza Wahyu Maulid Himawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Balok Hariadi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.1008

Keywords:

Arduino, Loadcell, Ultrasonik

Abstract

Pengukuran suatu jarak dapat dilakukan tanpa menyentuh bidang yang di ukur, seperti penggunaan ultrasonik untuk mengukur jarak dengan sistem kerja pemancaran gelombang suara dan menerima kembali gelombang suara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat penghitung berat dan volume paket berbasis Arduino Mega 2560. Alat ini dirancang untuk memberikan solusi otomatis yang akurat dan efisien dalam mengukur berat dan volume paket.

Sensor ultrasonik memiliki dua komponen utama. transmitter sebagai pemancar gelombang suara dan receiver sebagai pencegat gelombang. Perbedaan waktu yang tercipta saat gelombang suara dikirim dan diterima dibaca oleh sensor dan diproses oleh mikrokontroler sebagai pengukur jarak. Sensor loadcell digunakan sebagai pengukur massa paket. Sensor ini didasarkan pada ketegangan dan tekanan dari pengukur regangan. Saat beban diterapkan, badan sel beban mengalami deformasi elastis, menghasilkan kompresi dan tekanan pada pengukur regangan yang terpasang. Karena proses kompresi dan tekanan, sensor regangan menghasilkan perubahan hambatan atau hambatan listrik. Modul amplifier HX711 mendukung sensor ini sebagai penguat sinyal karena keluaran dari sensor ini sangat kecil. Metode penelitian pembuatan alat penghitung berat dan volume paket berbasis arduino meliputi pembuatan diagram blok fungsional, pembuatan diagram kerja fungsional.  Data yang diperoleh dari sensor ultrasonik dan sensor load cell diolah oleh mikrokontroler Arduino. LCD16x2 menampilkan hasil pembacaan. Selain itu, printer thermal mencetak hasil pengukuran saat tombol cetak ditekan. Perangkat ini dapat mengukur berat maksimal 100 kg dan volume 1 meter persegi.

Author Biography

Balok Hariadi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Arduino adalah mikrokontroler open source. Perangkat pintar ini dapat dikembangkan sedemikian rupa dengan berbagai sensor dan aktuator. Contoh pengembangan yang dilakukan penulis adalah pembuatan alat untuk menghitung volume dan berat kemasan dengan sensor untrasonik sebagai pengukur volume dan juga sensor load cell untuk mengukur berat. Sensor ultrasonik memiliki dua komponen utama. transmitter sebagai pemancar gelombang suara dan receiver sebagai pencegat gelombang. Perbedaan waktu yang tercipta saat gelombang suara dikirim dan diterima dibaca oleh sensor dan diproses oleh mikrokontroler sebagai pengukur jarak. Sensor loadcell digunakan sebagai pengukur massa paket. Sensor ini didasarkan pada ketegangan dan tekanan dari pengukur regangan. Saat beban diterapkan, badan sel beban mengalami deformasi elastis, menghasilkan kompresi dan tekanan pada pengukur regangan yang terpasang. Karena proses kompresi dan tekanan, sensor regangan menghasilkan perubahan hambatan atau hambatan listrik. Modul amplifier HX711 mendukung sensor ini sebagai penguat sinyal karena keluaran dari sensor ini sangat kecil. . Data yang diperoleh dari sensor ultrasonik dan sensor load cell diolah oleh mikrokontroler Arduino. LCD16x2 menampilkan hasil pembacaan. Selain itu, printer thermal mencetak hasil pengukuran saat tombol cetak ditekan. Perangkat ini dapat mengukur berat maksimal 100 kg dan volume 1 meter persegi.

Downloads

Published

2023-10-25