Perkembangan Karakter pada Anak Broken Home di UNUSIA Fakultas Ilmu Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.954Keywords:
Perkembangan, Karakter, Broken HomeAbstract
Jurnal ini mengulas tentang Perkembangan Karakter pada Anak Broken Home di Unusia pada Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pembentukan karakter pada anak-anak yang berasal dari keluarga broken home di lingkungan kampus Unusia Jakarta, terutama di Fakultas Ilmu Sosial. Anak-anak dari keluarga broken home menghadapi tantangan khusus dalam pengembangan karakter mereka karena mereka mengalami situasi keluarga yang tidak stabil dan mungkin mengalami perubahan signifikan dalam dinamika keluarga mereka. Dengan demikian, penelitian ini memiliki implikasi praktis yang signifikan dalam upaya membantu anak-anak dari keluarga broken home untuk membentuk karakter yang kuat dan positif di lingkungan kampus Unusia Jakarta, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu berupa wawancara kepada mahasiswa FIS UNUSIA tetapi untuk nama narasumber samarkan guna melindungi privasi dari narasumber. Dan juga mengumpulkan beberapa data mengenai kondisi psikologis anak anak yang menjadi korban broken home dari artikel dan jurnal. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber pertama yaitu subjek penelitian. Teknik pengambilan subjek didasarkan pada judgemental sampling. Pertimbangan pemilihan pendekatan ini adalah isi utama dalam memahami masalah ialah dengan mendalami fenomena secara menyeluruh terkait dengan perkembangan karakter anak broken home dalam membantu konsep diri dan keterbukaan diri. Pada penelitian ini, kehadiran peneliti adalah sebagai instrumen utama untuk menjawab serta mendeskripsikan secara mendalam berkaitan dengan perbedaan pada perkembangan karakter mahasiswa yang memiliki background broken home dan yang memiliki background keluarga utuh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.