Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di MI Unggulan Al Amanah Depok

Authors

  • Hasyim Asy’ari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.863

Keywords:

Penilaian, Kinerja, Penilaian Kinerja, Kinerja Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penilaian Kinerja adalah proses mengevaluasi seberapa baik karyawan melakukan pekerjaan mereka dibandingkan dengan standar industri, dan kemudian memberi tahu mereka dengan informasi ini. Untuk mengidentifikasi dengan jelas apa yang harus dipahami pekerja dan apa yang harus dilakukan saat bekerja, standar sangat penting di tempat kerja. Penelitian saat ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi suatu fenomena dengan menyusuri jalur yang menggambarkan variabel yang terkait dengan masalah yang diteliti. Dalam hal ini peneliti berupaya mendeskripsikan penilaian kinerja guru dan kepala sekolah di Madrasah Ibtida’iyah Unggulan Al Amanah.Berdasarkan pemahaman tersebut, maka penelitian ini akan memaparkan seluruh kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah Unggulan Al Amanah Depok dalam penilaian kinerja kepala sekolah dan guru. penilaian kinerja guru dilakukan pada setiap bulan sekali atau tiga bulan sekali yang dibarengi dengan penilaian siswa, untuk melihat bagaimana kinerja guru dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Sedangkan penilaian Kinerja Kepala Sekolah dilakukan secara berkala dan komulatif setiap tahun atau setiap empat tahun. Dari hasil wawancara di atas, melihat laporan kegiatan yang ada di kelas, melihat absensi guru, dan melihat laporan siswa apakah sudah lengkap atau belum. Atas dasar itu maka kinerja diartikan sebagai hasil kerja yang dicapai seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi sesuai wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan.

 

Downloads

Published

2023-07-25