Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Mit App Inventor Berbasis Android di SMK N 2 Panyabungan

Authors

  • Nur Jannah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi
  • Supratman Zakir Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi
  • Wedra Aprison Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi
  • Melyan Melani Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v1i7.41

Keywords:

History,, sejarah,, R&D,, four-D,, Luther-Sutopo

Abstract

Sejarah adalah salah satu mata pelajaran umum yang ada di SMK N 2 Panyabungan. Dalam belajar sejarah penulis menemukan beberapa masalah seperti guru lebih banyak menyampaikan ceramah kepada siswa, siswa merasa bosan, mengantuk, kurang berminat dengan mata pelajaran sejarah, untuk mengatasi rasa bosan siswa mengganggu siswa lain yang berakibat ketika guru bertanya tentang pemahaman siswa siswa tidak dapat menjawabnya, dan materi yang disampaikan guru kurang menarik bagi siswa sehingga siswa hanya membuka materi saat mengerjakan soal atau latihan. Masalah ini yang membuat penulis tertarik membuat aplikasi History yang merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran sejarah bagi siswa kelas X jurusan TKJ Di SMK N 2 Panyabungan. Tujuan dibuat media pembelajaran ini adalah untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa memahami lebih dalam tentang sejarah dengan cara mengulang pembelajaran, mengerjakan latihan, dan menonton video yang bersangkutan dengan materi pelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4-D (four-D), dengan tahapannya define, design, development, dan disseminate. Pada tahap Development dilakukan tahap media pengembangan pembelajaran History. Modul pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah versi Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu konseptualisasi, desain pengumpulan materi, proses manufaktur, pengujian dan distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran History berbasis android. Dengan hasil uji validitas sebesar 0,83 yang dinyatakan valid, hasil uji kepraktisan sebesar 0,90 yang dinyatakan sangat praktis dan hasil uji efektifitas sebesar 0,83 yang dinyatakan dengan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran History Berbasis android sebagai media pembelajaran sudah valid, praktis dan efektif.

Downloads

Published

2021-11-18