Analisis Rekonstruksi Pengupasan dan Pelapisan Kembali Perkerasan Lentur dengan Metode Kenpave-Kenlayer

Authors

  • Heri Sudarmadi Universitas Sriwijaya
  • Edi Kadarsa Universitas Sriwijaya
  • Melawaty Agustien Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v5i2.3227

Keywords:

Kenpave-kenlayer, cement treated base, permanent deformation, fatigue cracking

Abstract

Infrastruktur jalan merupakan salah satu prasarana fisik transportasi yang memegang peranan yang sangat penting. Sebagai prasarana fisik, infrastruktur jalan memegang peranan yang sangat penting di bidang perhubungan, terutama untuk mendistribusikan barang dan jasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya tebal perkerasan lentur yang harus dilakukan pengupasan dan pelapisan kembali dan juga penggantian material Base A dengan Cement Treated Base (CTB) pada struktur perkerasan. Metode yang digunakan untuk menganalisis menggunakan program kenpave-kenlayer untuk mengetahuai nilai regangan yaitu vertical strain dan horizontal strain pada lapis perkerasan. Kemudian dilakukan analisis kerusakan perkerasan permanent deformation dan fatigue crack terhadap Cumulative Equivalent Single Axle Load (CESAL) 5 dengan masa layanan 20 tahun. Penelitian ini dilakukan di Jalan Tol Ruas Palindra km 1 – km 2 Provinsi Sumatera Selatan. Hasil dari penelitian ini diperoleh data tebal CTB yang digunakan pada struktur perkerasan dengan metode kenpave-kenlayer. Semakin tebal penggunaan lapisan CTB semakin kecil regangan vertical strain dan horizontal strain yang terjadi sehingga semakin besar terhadap ketahanan terhadap ketahanan permanent deformation dan fatigue cracking.

Downloads

Published

2025-06-27