Analisis Rekonstruksi Pengupasan dan Pelapisan Kembali Perkerasan Lentur dengan Metode Kenpave-Kenlayer
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v5i2.3227Keywords:
Kenpave-kenlayer, cement treated base, permanent deformation, fatigue crackingAbstract
Infrastruktur jalan merupakan salah satu prasarana fisik transportasi yang memegang peranan yang sangat penting. Sebagai prasarana fisik, infrastruktur jalan memegang peranan yang sangat penting di bidang perhubungan, terutama untuk mendistribusikan barang dan jasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya tebal perkerasan lentur yang harus dilakukan pengupasan dan pelapisan kembali dan juga penggantian material Base A dengan Cement Treated Base (CTB) pada struktur perkerasan. Metode yang digunakan untuk menganalisis menggunakan program kenpave-kenlayer untuk mengetahuai nilai regangan yaitu vertical strain dan horizontal strain pada lapis perkerasan. Kemudian dilakukan analisis kerusakan perkerasan permanent deformation dan fatigue crack terhadap Cumulative Equivalent Single Axle Load (CESAL) 5 dengan masa layanan 20 tahun. Penelitian ini dilakukan di Jalan Tol Ruas Palindra km 1 – km 2 Provinsi Sumatera Selatan. Hasil dari penelitian ini diperoleh data tebal CTB yang digunakan pada struktur perkerasan dengan metode kenpave-kenlayer. Semakin tebal penggunaan lapisan CTB semakin kecil regangan vertical strain dan horizontal strain yang terjadi sehingga semakin besar terhadap ketahanan terhadap ketahanan permanent deformation dan fatigue cracking.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heri Sudarmadi, Edi Kadarsa, Melawaty Agustien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.