Hubungan Antara Literasi Gizi Dengan Perilaku Makan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Authors

  • Vincy C. Monangin Universitas Sam Ratulangi
  • Nova H. Kapantouw Universitas Sam Ratulangi, Indonesia
  • Shirley E. S. Kawengian Universitas Sam Ratulangi, Indonesia
  • Alexander Sam Leonard Bolang Universitas Sam Ratulangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/comserva.v4i10.2924

Keywords:

literasi gizi, perilaku makan, mahasiswa keperawatan

Abstract

Indonesia Emas 2045 merupakan visi besar yang dirancang untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara Nusantara yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. Visi Indonesia Emas 2045 menargetkan terciptanya generasi yang sehat, cerdas, dan  inovatif. Salah satu kunci untuk mencapainya adalah melalui perbaikan pola makan yang didukung oleh literasi gizi yang memadai. Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia 2023 sebesar 43,3% penduduk Indonesia tidak tahu bahaya dan resiko dari makanan beresiko. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui hubungan antara literasi gizi dengan perilaku makan mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan data primer lewat kuesioner google form. Hasil Dalam penelitian ini sebanyak 356 responden terlibat dalam penelitian ini, ditemukan bahwa 94,9% responden memiliki literasi gizi baik dan 99,7% responden memiliki perilaku makan baik. Hasil penelitian menggunakan uji statistik Spearman untuk hubungan antara literasi gizi dan perilaku makan (p<0,001) menunjukkan hubungan yang signifikan pada subskala hunger (p<0,001),  food responsive (p=0,004),  satiety responsive (p<0,001),  food fussiness (p<0,001), enjoyment food (p<0,001), dan slowness in eating (p<0,001). Temuan pada hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara literasi gizi dan kebiasaan makan pada subskala emotional under eating(p=0,339), dan emotional over eating(p=0,416). Kesimpulan Terdapat hubungan antara literasi gizi dan perilaku makan dan terdapat hubungan pada semua subskala AEBQ, kecuali pada subskala emotional, yang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara keduanya.

Downloads

Published

2025-03-03