Strategi Usaha Lembaga Farmasi Biovaksin Tentara Nasional Indonesia (LAFIBIOVAK TNI) dalam Memasuki Pangsa Pasar Industri Farmasi Nasional
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i9.2761Keywords:
strategi pemasaran, Matriks, IFE, EFE, IE, SPACE, SWOT, QSPMAbstract
Lafibiovak merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi yang hendak memasuki pangsa pasar industri farmasi nasional sebagai bentuk pengembangan bisnis dari yang selama ini hanya memenuhi kebutuhan farmasi TNI. Oleh karena itu, Lafibiovak perlu adanya suatu strategi usaha pemasaran yang baru untuk menghadapi ketatnya persaingan dalam pangsa pasar farmasi nasional. Kerangka formulasi penentuan strategi terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap input yang melibatkan 17 responden dengan menggunakan kuesioner audit Internal dan Eksternal kemudian dihasilkan matriks IFE dan EFE untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Lafibiovak, tahap pencocokan menggunakan matriks IE, SPACE, SWOT untuk mengetahui alternatif- alternatif strategi pemasaran yang akan digunakan dan tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSPM untuk memilih strategi mana yang diprioritaskan untuk dilakukan berdasarkan matriks IFE dan EFE serta matriks IE, SPACE, SWOT yang telah dilakukan sebelumnya. Dari matriks IFE dan EFE diketahui total skor internal sebesar 3,37 dan total skor eksternal 3,22; pada matrik IE berada pada kuadran I (grow and build) dan pada matriks SPACE diketahui posisi perusahaan berada pada kuadran agresive, sehingga dalam SWOT dan kemudian dianalisa melalu matrik QSPM diputuskan bahwa strategi yang diprioritaskan menciptakan organisasi penjualan yang mampu memaksimalkan teknologi & Teknologi Informasi dalam merespon tren- tren dalam sosial kemasyarakatan; seperti strategi memaksimalkan potensi e- commerce dalam merespon perubahan budaya belanja masyarakat (memiliki nilai tertinggi TA : 5,00).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shartykasary Shartykasary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.