Pengaruh Norma Subjektif dan Pengetahuan Yadan bi Yadin Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Emas Digital di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i8.2725Keywords:
Norma subjektif, Manfaat yang dirasakan pelanggan, Kemudahan pengguna, Intensi, Yadan bi yadin, Emas digitalAbstract
Penelitian sebelumnya menjelaskan efek tekanan sosial atau norma subjektif (SN) pada niat investasi atau transaksi jual beli emas secara digital dalam islam. Oleh karena itu, penelitian ini membahas seberapa besar efek masyarakat terkait pengetahuan tentang yadan bi yadin mempengaruhi norma subjektif dalam minat masyarakat berinvestasi emas digital. Norma subjektif (SN) mempengaruhi persepsi kebermanfaatan atau perceived usefulness (PU) dan kemudahaan pengunaan atau perceived ease of use (PEU) tetapi dikarenakan pengaruh dari pengetahuan yadan bi yadin (YY) maka masyarakat tidak mempunyai intensi atau intention to use (INT) untuk berinvestasi emas digital. Studi ini memiliki keterbatasan dalam hal sampel karena sebagian besar didominasi oleh kaum milenial. Persepsi generasi yang lainnya mungkin akan berbeda. Harapannya masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah muslim mengetahui syariat islam yang sesuai Al-Quran dan sunnah terkait jual beli emas digital. Ini mungkin melemahkan efek PU pada INT. SN sebagai faktor sosial juga memiliki efek yang kuat pada INT. Sebagai implikasi praktis, makalah ini menyarankan pemerintah dan komunitas muslim untuk bersama sama untuk mengembangkan, mengatur model bisnis yang lebih mematuhi syariah terkait jual beli emas serta memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat. Jurnal ini berkontribusi pada literatur yadan bi yadin sebagai syarat dalam syariat islam didalam jual beli emas digital
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Karisma Alam, Muhammad Anis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.