Upaya Pencapaian SDG's Goals #4: KJP Untuk Pendidikan Berkualitas di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i6.2489Keywords:
Kartu Jakarta Pintar, Pemerintah Provinsi, Pendidikan, EfektivitasAbstract
Warga DKI Jakarta kini bisa menikmati pendidikan dengan bahagia. Sebab, pemerintah daerah memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu mengenyam pendidikan. Kebijakan dukungan finansial biaya pendidikan individu yang dikenal dengan program Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) memberikan kemudahan akses terhadap pemerataan pendidikan khususnya di wilayah DKI Jakarta. Namun masih banyak kasus penyalahgunaan KJP Plus yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini membuat nama KJP Plus menjadi kurang akurat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan KJP Plus di sekolah-sekolah di provinsi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus studi kasus. Data yang berguna terdiri dari hasil wawancara dengan Bappenas DKJ dan pengelola masing-masing pilar SDGs, yang dilakukan saat kunjungan pelatihan ke salah satu kursus. Kedua, karena lembaga yang dikunjungi bukanlah lembaga yang bekerja langsung di lapangan/masyarakat, melainkan hanya lembaga yang merujuk pemangku kepentingan kepada pemerintah negara/otoritas terkait, maka pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber/referensi online di websitenya maka akan diperoleh hasil yang terbaik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data, penggunaan KJP Plus di sekolah-sekolah di Jakarta tidak tepat sasaran karena penggunaan KJP Plus tidak tepat sasaran dan tidak menyasar masyarakat yang sangat membutuhkan dana pendidikan serta tidak tepat sasaran. tidak efektif. Penerima KJP Plus masih banyak yang berasal dari keluarga mampu. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyusun pedoman peningkatan mutu pendidikan melalui KJP Plus.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jeremy Bryce Lim, Josephine Exaudi, Inrika Juni Harti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.