Meningkatkan Kreativitas Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menari di PAUD Nurul Amanah
DOI:
https://doi.org/10.59141/comserva.v4i5.2225Keywords:
Meningkatkan Kreativitas, Motorik Kasar, Kegiatan Menari, Paud Nurul AmanahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memasukkan kegiatan menari ke dalam program pendidikan anak usia dini di PAUD Nurul Amanah, Bandung, guna menumbuhkan kreativitas anak dan membuat kegiatan menari lebih menyenangkan dan imajinatif bagi anak-anak. Penelitian dilakukan pada grup B di PAUD Nurul Amanah, yang terdiri dari sepuluh hingga lima belas siswa dan dua instruktur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengajar tari kepada anak-anak dapat meningkatkan kemampuan kreatif mereka, termasuk kecerdasan motorik kasar yang melibatkan otot, saraf, dan otak. Kegiatan menari membantu anak-anak dalam mengekspresikan sisi kreatif mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam beradaptasi, kreativitas, dan perhatian terhadap detail. Penelitian ini memiliki implikasi signifikan terhadap peningkatan pengajaran tari di prasekolah dan perluasan kapasitas imajinatif anak-anak di PAUD Nurul Amanah.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vera Veronika, Chandra Apriansyah, Arie Widyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.